Desain Musalla Kombinasi Urban Timur Tengah



Desain Musalla Kombinasi Urban Timur Tengah merupakan sebuah bangunan tempat melaksanakan ibadah, upacara agama, pendidikan agama dan bermusyawarah bagi umat islam yang terdapat pada setiap desa/gampong  di Aceh.  Tim aritek 2mdesain , medesain rehabilitasi Meunasah Bireuen Meunasah Dayah yang mana bangunan ini terletak di Desa MNS. Dayah Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh Indonesia. Pada dasarnya bangunan meunasah telah dibangun sejak lama didesa tersebut namun seiring dengan perjalanan waktu pemerintahan desa mencoba merehabilitasi meunasah agar terlihat lebih menawan

Tampilan fasad depan meunasah ini didominasi warna putih dan hijau kombinasi warna tersebut membuat meunasah ini terlihat tenang dan anggun, meunasah ini memiliki desain sederhana yang dirancang dengan mengoptimalkan tampilan dan kubah yang berdiri kokokh diatas bangunan. Pada bangunan meunasah ini juga diberikan sedikit kombinasi batu alam hal ini dilakukan agar bangunan terlihat lebih maskulin secara visual.




Tak sepeti kebanyakan meunasah lainnya, meunasah berlantai dua ini memiliki lima kubah satu kubah utama dan empat kubah kecil, uniknya seluruh kubah dilapisi dengan kombinasi tiga warna antara lain warna hijau putih dan kuning. Bentuk kubah utama hampir menyerupai bentuk kubah Masjid Dian Al Mahri namun sang arsitek menambah ventilasi mengelilingi kubah hal ini dilakukakn agar sirkulasi udara dan pencahayaan lebih optimal dan warna yang berbeda. Selain itu, relief hiasan juga terdapat pada bagian tertentu di bangunan ini.


0 komentar:

Posting Komentar